KONTROVERSI PEMICU KANKER MEMBUAT PERLUNYA LABELISASI RADIASI PONSEL

Sepanjang Desember 2009, Environmental Working Group (EWG), sebuah organisasi laingkungan yang berbasis di Washington, DC Amerika Serikat, giat mendesak pemerintah untuk membuat kebijakan pencantuman label tingkat radiasi di kotak penjualan ponsel. Pelabelan ini lazim disebut angka SAR (specific absorption rate), yaitu pengukuran jumlah energi frekuensi radio terserap tubuh. “Sangat penting bagi konsumen untuk membeli ponsel dengan radiasi paling kecil”.

Penerapan standar SAR di tiap negara berbeda-beda. Di Kawasan Amerika Utara, batas SAR yang aman adalah 1,6 watt/kilogram (W/kg) per satu gram jaringan tubuh. Jadi, semakin kecil nilai SAR-nya, semakin rendah tingkat radiasi ponsel ke otak konsumen.

EWG memiliki daftar SAR untuk 1.000 jenis ponsel dari puluhan vendor ponsel di dunia. Dalam daftar itu, Samsung Impression (SGH a877) tercatat sebagai ponsel paling kecil radiasinya, yaitu 0,15 sampai 0,35 W/kg. Sedangkan Motorola VU 204 tercatat sebagai ponsel dengan radiasi tertinggi, yakni 1,55 W/kg.

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment