Cara Membuat dan Memperoleh Backlink ke Blog Kita

SEO”, inilah cara yang merupakan inti dari semua cara untuk meningkatkan peringkat, mempopulerkan, memperoleh banyak traffic atau pengunjung ke blog kita. Salah satu cara dari SEO, adalah dengan Backlink. Dimana cara ini termasuk ke dalam SEO off-page.

Backlink adalah link yang menuju ke Blog kita. Backlink ini juga yang dipakai oleh Google dalam menilai seberapa populer Blog kita diantara Blog-Blog lainnya, sehingga bisa meningkatkan rangking Blog kita di mesin pencari Google.

Ada 2 macam Backlink yang kita kenal, yaitu :
1. One Way Backlink (Link Satu Arah) : adalah jika ada Blog orang lain yang ngelink ke Blog kita sedangkan kita tidak ngelink ke Blog orang lain tersebut.
2. Link Exchange (Link Dua Arah / Saling Link) : adalah jika Blog kita ngelink ke Blog orang lain, dan Blog orang lain tadi ngelink juga ke Blog kita, atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan Tukaran Link.

Uraian singkat di atas adalah pengenalan singkat tentang apa itu “backlink”. Nah sekarang, caranya untuk memperoleh backlink gimana??? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membuat Web atau Blog dengan Kontent dan Tulisan yang Menarik
Blog dengan tulisan dan kontent yang menarik ini sangat bermanfaat bagi semua orang, dimana akan banyak orang yang merasa tertarik dan tanpa kita minta pengunjung akan nge-link blog/web kita. Dengan demikian kita akan mendapatkan one way backlink (link satu arah).

2. Membuat Artikel / Tulisan di Blog Orang Lain :
Tidak semua blog memberikan fasilitas untuk orang lain menulis di blognya, Namun, membuat artikel / tulisan untuk dimuat di web orang lain sangat bermanfaat untuk mendapatkan one way backlink, dimana di dalam tulisan tersebut kita mencantumkan link ke Blog kita, dan semakin banyak kita menulis maka semakin baik pula kita mempopulerkan blog kita.

3. Submit Artikel di Social Bookmark :
Situs social bookmarking adalah situs yang memberikan layanan social bookmark kepada anggotanya. Submit Artikel di Social Bookmark, di dalam artikel tersebut kita bisa mencantumkan link ke Tulisan atau web kita. Dengan demikian kita mendapat one way backlink (backlink satu arah).
Daftar situs social bookmarking antara lain:
www.del.icio.us
www.digg.com
www.stumbleupon.com
www.technorati.com
www.furl.com
www.lintasberita.com

4. Aktif Posting / Diskusi di Forum :
Hal ini sangat jelas banyak manfaatnya, bukan hanya agar Blog kita akan terindeks pada mesin pencari tetapi dapat juga meningkatkan pengunjung Blog kita. Dengan aktif memposting atau diskusi di forum-forum, kita bisa mencantumkan link Blog kita sehingga akan mendapat backlink satu arah.

5. Memberikan Komentar di Blog orang Lain :
Jika kita mau blog kita dikenal orang, tentunya kita juga harus mau donk mengenal blog orang lain, caranya dengan memberikan comment di Blog orang lain. Sebagai tambahan aja ne, jika kita memberikan comment di Blog do follow, maka comment kita tidak sia-sia, karena link yang kita cantumkan akan mendapat backlink. Pada saat kita menulis comment, kita bisa menyertakan link Blog kita.

6. Tukaran Link :
Hal ini merupakan cara yang paling sering dilakukan. Dimana dengan tukaran link / Link Exchange, kita memasang link atau banner orang lain dan orang lain memasang link kita. Dengan demikian kita sudah mempromosikan blog kita dan memperloeh link-link baru.
Semoga tips-tips di atas dapat membantu dan memberikan manfaat kepada teman-teman semua yang mengunjungi blog ini.... Salam!!!!

Related Posts by Categories

17 comments:

  1. nice tips sob !!!
    Thnks for share !!!

    ReplyDelete
  2. tipsnya keren bgt....sangat bermanfaat..
    thanks ya

    ReplyDelete
  3. Tips yang bagus bro..salam kenal,kunjungi juga blog aku ya..

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat banget tipsnya, trims.

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas infonya mas, masukan bagi saya selaku seorang pemula dalam dunia blogger

    ReplyDelete
  6. Ok, thx bgt. Berguna buat newbie kyk ane.

    ReplyDelete
  7. coba ke sini banyak cheat ninjasaga update

    senangnyapakecheat.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. sangat membantu.... terima kasih saya mau belajar membuat blog juga...

    ReplyDelete
  9. Thanks atas infonya gan...nambah ilmu...buat ogud

    ReplyDelete
  10. bagus sekali kita tukeran link untuk percobaan,,,heheheh

    ReplyDelete
  11. thank

    http://www.andykasipil.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. mantap boss artikelnya

    ReplyDelete
  13. All visitors : makasi banyak ne gan buat komentnya, silahkan kunjungi kembali dan sharing info yang baru ke blog ini.... salam,

    ReplyDelete
  14. Keren informasinya,,,,,



    jgn lupa klik jg http://brandalzgolanz.blogspot.com/

    ReplyDelete