iPad Termahal Dijual Di Eropa

Perusahaan analis perdagangan CommSec Australia memaparkan harga iPad di kawasan Eropa merupakan harga yang paling mahal untuk satu unit iPad, yakni lebih dari seperempat harga iPad di Amerika Serikat. Menurut analis ekonomi perdagangan CommSec Australia Craig James, komputer tablet besutan Apple yang baru saja dijual secara serentak Jum'at pekan lalu itu, seharusnya dijual dengan harga yang sama di semua tempat.

"Di Inggris, Jerman, Perancis dan Italia, satu unit iPad memiliki harga 20 sampai 25 persen lebih tinggi ketimbang harga di Amerika Serikat," kata James seperti dikutip Reuters. Perbedaan harga penjualan itu, jelas dia, bukan karena ada keistimewaan tertentu di dalam iPad yang dijual di Eropa dibandingkan dengan yang dijual di Amerika Serikat.

James menduga perbedaan harga itu apakah karena harga iPad memang terlalu tinggi untuk pasar di Eropa atau karena mata uang Poundsterling Inggris dan Euro perlu didepresiasi sehingga kursnya tidak terlalu tinggi ketimbang mata uang lainnya. Namun, dia menambahkan, sebagai peranti yang mendunia dan menembus batas lintas negara, komputer tablet tentu tak lepas dari pajak yang ditetapkan oleh negara yang bersangkutan.

Dia mencontohkan, harga iPad dengan muatan "teringan" yakni versi Wi-Fi dengan kapasitas 16 Gigabita dibanderol dengan harga US$ 499 di Amerika Serikat. Sementara di Inggris, tipe iPad yang sama dijual seharga US$620, Kanada US$ 520, Jepang US$ 536 dan Ustralia US$ 533. Adapun untuk tipe iPad yang paling istimewa, yakni berkapasitas 64 Gigabita dilengkapi koneksi 3G dan Wi-Fi dibanderol dengan harga US$ 829 di Amerika, sementara di Inggris US$ 1.010 dan Jerman Perancis, Italia dengan harga U$980.

Antusiasme masyarakat untuk memiliki komputer dengan layar sentuh ini begitu tinggi. Di Paris, pengantri yang hendak membeli iPad ternyata melebihi mereka yang ingin melihat lukisan Monalisa di Museum Louvre. Di Inggris, seorang siswa rela bermalam di tempat penjualan iPad supaya dia menjadi orang pertama yang memiliki benda itu di negaranya.

Sumber: TEMPO Interaktif

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment