Mengenal GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS)

Banyak hal yang dibahas dalam bidang kehutanan terkhusus untuk hal geodesi dan kartografi. sebelumnya saya juga sudah membuat rangkuman tentang "penyajian peta".
Global positioning system (GPS) adalah sistem satelit dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini di desain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinu di seluruh dunia tanpa bergantung pada waktu dan cuaca.

Ada beberapa hal yang membuat GPS menarik untuk digunakan dalam penentuan posisi, seperti yang akan dijelaskan sebagai berikut.
  1. GPS dapat digunakan setiap saat tanpa bergantung waktu dan cuaca. GPS dapat digunakan baik pada siang maupun malam hari, kondisi cuaca yang buruk sekalipun seperti hujan atau kabut.
  2. Satelit GPS memiliki keorbitan yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20.000km diatas permukaan bumi, dan jumlahnya relative banyak, yaitu 24 satelit. Sehingga GPS mencakup wilayah yang cukup luas, sehingga dapat digunakan orang banyak dalam waktu yang bersamaan.
  3. Penggunaan GPS dalam penentuan posisi tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi topografis daerah survey dibandingkan dengan metode terestris seperti pengukuran polygon. Penentuan posisi dengan posisi GPS tidak memerlukan adanya saling keterlihatan antara satu titik dengan titik lainnya seperti pada umumnya yang dituntut oleh metode-metode pengukuran terestris.
  4. Posisi yang ditentukan GPS akan mengacu pada suatu datum global yang dinamakan WGS 1984, atau dengan kata lain posisi yang diberikan oleh GPS mengacu pada datum yang sama.
  5. GPS dapat memberikan ketelitian posisi yang spektrumnya cukup luas. Dari yang sangat teliti (orde millimeter) sampai yang biasa saja. Disamping itu, dibandingkan dengan metode penentuan posisi genetik lainnya, GPS juga mempunyai kinerja yang cukup baik penentuan posisi.
  6. Pemakaian sistem GPS tidak dikenakan biaya, setidaknya sampai saat ini. Selama pengguna memiliki alat penerima (receiver) sinyal GPS maka yang bersangkutan bisa menggunakan GPS untuk berbagai aplikasi.
  7. Alat penerima sinyal (receiver) GPS cenderung menjadi lebih kecil ukurannya, lebih murah harganya, lebih baik kualitas data yang diberikan dan lebih tinggi keandalannya.
  8. Pengoperasian GPS untuk penentuan posisi suatu titik relative mudah dan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Dibandingkan dengan pengukuran terestris seperti pada metode polygon.
  9. Pengumpul data (surveyor) GPS tidak dapat memanipulasi data pengamatan seperti halnya yang dapat dilakukan pada metode pengumpulan data terestris.
  10. Makin banyak instansi di Indonesia yang menggunakan GPS juga makin banyak bidang aplikasi yang potensial di Indonesia yang dapat ditangani dengan menggunakan GPS.

Hal dan keterbatasan yang harus diperhatikan dalam menggunakan GPS, yaitu:
  1. Agar alat penerima sinyal GPS dapat menerima sinyal GPS maka tidak boleh ada penghalang antara alat penerima tersebut dengan satelit yang bersangkutan. Ini harus diperhatikan terutama daerah perkotaan yang dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi.
  2. Datum penentuan posisi yang digunakan oleh GPS adalah WGS 1984. Seandainya posisi harus dipresentasikan dalam datum lainnya, maka diperlukan proses transformasi koordinat dari datum WGS 1984 ke datum yang bersangkutan.
  3. Komponen tinggi dari koordinat tiga dimensi yang diberikan oleh GPS adalah tinggi yang mengacu ke permukaan ellipsoid, yaitu ellipsoid GRS (geodetic reference system) 1980.
  4. Pada surfei penentuan penentuan posisi dengan GPS, pemoresesan data GPS dan penganalisaan hasilnya bukanlah suatu hal yang mudah. Meskipun proses pegnumpulan data dengan GPS relative mudah, pemoresesan data yang diperoleh serta penganalisaan parameter-parameter yang didapat bukanlah suatu pekerjaan yang mudah terutama jika kita menginginkan keakuratan yang tinggi.
  5. Karena GPS merupakan teknologi yang relative baru, maka sumberdaya manusia yang menguasai masalah teknologi ini di Indonesia relative sedikit.

Related Posts by Categories

5 comments:

  1. Tq artikelnya bro, sngat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  2. Thank you gan...
    btw dah ku follow blog ni...
    follow aku balik ya....
    yuka-dwi-bantara.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Makasi juga ne dah ngunjungin blog gw gan... salam kenal...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat
    apa anda tau tentang gps navigation yang terbaik digunakan di indonesia merk apa?

    ReplyDelete